Sabtu, 27 Agustus 2011

Aku Hina & Aku Kecil

oleh Mang Isur

"Bila engkau bertemu dgn seseorang, hendaklah engkau memandang dia itu lebih utama daripada dirimu dan katakan dlm hatimu: 'Boleh jadi dia lebih baik di sisi Allah daripada diriku ini dan lebih tinggi derajatnya.'
Jika ia orang yg lebih kecil dan lebih muda umurnya daripadamu, maka katakanlah dlm hatimu: 'Boleh jadi orang kecil ini tdk banyak berbuat dosa, maka tdk diragukan lagi jika derajat dirinya jauh lebih baik daripada aku.'
Bila ia orang yg lebih tua, hendaknya engkau mengatakan dlm hati: 'Orang ini tlah lebih dulu beribadah kpd Allah daripada aku, maka tdk diragukan lagi jika derajat dirinya jauh lebih baik daripada aku.'
Jika dia orang yg 'alim, maka katakan dlm hatimu: 'Orang ini tlah diberi oleh Allah sesuatu yg tak bisa ku raih, tlh mendapat apa yg tak bisa ku dapatkan, tlah mengetahui apa yg tak aku ketahui dan tlah mengamalkan ilmunya, maka tak diragukan lagi jika derajat dirinya jauh lebih baik daripadaku.'
Bila ia orang yg bodoh, maka katakan dlm hatimu: 'Orang ini durhaka kpd Allah karena kebodohannya, sedangkan aku durhaka kpd-Nya, padahal aku mengetahuinya. Aku tak tau dgn apa umur orang bodoh ini kan
Allah akhiri (apakah dgn husnul khatimah atau dgn su'ul khatimah).'
Dan bila ia orang yg kafir, maka katakan dlm hatimu: 'Aku tdk tahu bisa jadi ia kan masuk islam, lalu menyudahi seluruh amalannya dgn amal shalih, dan bisa jadi aku terjerumus menjadi kafir, lalu menyudahi seluruh amalanku dgn amal yg buruk.'"

Syekh 'Abdul Qadir Jailani

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home