Selasa, 27 Maret 2012

Pondok pesantren Al-Mujtahidin Ciamis

0 komentar
Alamat: Blok Karangsari, Karang Anyar rt 27 rw 04, desa Suklamulya, kec. Purwadadi, kab. Ciamis, Jawa Barat 46382.
 





newer post

Selasa, 20 Maret 2012

RAHMATAN LIL ‘AALAMIIN

0 komentar

oleh Mang Isur



Aku tinggalkan ditengah-tengah kalian dua perkara. Selama kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah (al-Qur’an) dan Sunnahku (hadits).”
(HR. Malik, derajat hadits ini hasan)


Suatu ketika di tanah Madinah. Matahari berangsur kian meninggi, sementara pintu rumah Rasulullah saw. Masih tertutup rapat. Di dalamnya Rasulullah saw. Sedang terbaring lemah ditemani  oleh puteri tercinta, Fatimah. Keningnya berkeringat membasahi pelepah kurma yang menjadi alas tidurnya. Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seseorang mengucap salam. “Bolehkah saya masuk?” Fatimah r.a. tidak mengizinkan, “Maaf, ayahku sedang sakit.” Lalu ditutupnya pintu. Ketika kembali menemani ayahnya, ternyata beliau mengetahui dan bertanya, “Siapakah itu wahai putriku?” “Aku tak tahu ayah, sepertinya baru kali ini aku melihatnya.” Tutur Fatimah. Mendengar jawaban puterinya, Rasulullah saw. menatapnya denngan pandangan penuh kasih dan menggetarkan hati, seraya berkata, “Ketahuilah wahai puteriku, dialah yang menghapus kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia. Dialah Izrail, malaikat maut.” Fatimah  r.a. menangkupkan kedua telapak tangan seraya menutup wajahnya dan menahan luapan tangis.
Malaikat maut menghampiri, namun Nabi saw. Bertanya mengapa Jibril tidak ikut serta. Lalu dipanggillah Jibril yang sudah siap di langit dunia menyambut ruh kekasih Allah. “Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?” Tanya Rasulullah saw. Dengan suara amat lemah. “Pintu-pintu langit telah terbuka lebar menanti kedatanganmu.” Jawab Jibril. Tapi jawaban itu tidak membuat Rasulullah saw. lega.  Pandangannya menatap cemas. “Wahai kekasih Allah, tidakkah engkau senang mendengar kabar ini?” Tanya Jibril.
“Kabar kepadaku, bagaimana nasib umatkku kelak.”
“Jangan khawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah berfirman kepadaku, Ku haramkan surga bagi siapa saja kecuali umat Muhammad telah di dalamnya.” Jawab Jibril.
Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melaksanakan tugasnya. Perlahan ruh Rasulullah saw. Ditarik sehingga tubuhnya bersimbah peluh dan urat lehernya menegang.
“Jibril, betapa sakitnya sakaratul maut ini.” Lirih Rasulullah menahan sakit. Fatimah memejam mata, Ali menunduk sedalam-dalamnya, Jibril memalingkan muka. “Jijikkah engkau melihat sehingga kau palingkan wajahmu, Jibril?”
“Siapa yang tega melihat kekasih Allah direnggut ajal?” ucap jibril.
Sesaat kemudian terdengar Rasulullah saw. Memekik karena sakit yang tak tertahankan. “Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku.” Tubuh Rasulullah mulai dingin, kaki dan dada beliau sudah tak bergerak. Bibir beliau bergetar seakan hendak menyampaikan sesuatu. Ali segera mendekatkan telinga beliau. “uushikum bisshalaati, wa ma malakat aimanukum (peliharalah shalat  dan santuni orang-orang lemah diantaramu).”
Fatimah menutup tangan ke wajahnya sementara Ali kembali mendekatkan telinga ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan, “Uumatii, uumatii, uumatii.”
Sementara diluar para sahabat berpelukan dan menangis. Manusia agung mulia uyang mereka cintai telah kembali kepada Sang Kekasih. Umar ibnul Khaththab r.a. merasa belum juga menerima kenyataan itu. Diacungkan pedangnya sambil berteriak, “ Siapa yang mengatakan Rasulullah telah wafat akan ku bunuh!”
Namun dengan bijak Abu Bakar r.a. menyikapi, “Siapa yang menyembah Muhammad, sesungguhnya ia telah tiada, namun siapa menyembah Allah, maka Ia Mahakekal.”
Betapa tulus cinta Rasulullah saw. kepada kita. Di antara sakaratul maut beliau hanya kita yang diingat. Betapa tulus perjuangan dan pengorbanan Rasulullah saw., hanya berharap dapat memberi kebaikan kepada umat beliau.

***********
newer post

Rabu, 14 Maret 2012

CEURIK RAHWANA

0 komentar

oleh Mang Isur


Kenging: Irman Noorhafituddin

Tengah peuting keur jemplang-jempling, Rahwana nguliat hudang kusabab hayang ka cai. Beuteungna ngurubuk, eusi beuteung baruntak kusabab haying gancang kaluar. Biwir dower Rahwana nyengir kusabab nahan kanyeri, dua leungeuna tipepereket nyekel beuteung nu terus-terusanan ngusial. “Beu cilaka”, gerentes hate Rahwana. Manehna humarurung nyorangan di kamar kontrakan. Rek ka cai sieun ku jurig, ma,lum manehna teh jalma pangborangana saalam pawayangan.
Teu ku hanteu, tadi beurang manehna teh tas ti imah Nyai Kris, randa beunghar, apel tidituna mah. Sarerea geus pada apal, yen Rahwana jeung Nyai Kris teh aya pakait ati nu kacida romantisna. Rahwana, mahasiswa semester akhir nu keur butuh biaya. Beungeut goreng patut dijieun modal melet Nyai Kris.  Nya batu turun keusik naek. Ari Nyai Kris geus bosen meunangkeun nu kasep, pajarkeun teh  hayang nyobaan boga kabogoh nu goreng patut. Dasar milik , prok panggih jeung Rahwana pisan.
Ari Nyai Kris, karesepna trh baso tahu nu lada kacida. Sakali balanja keur saminggueun. Antukna unggal Rahwana apel kapaksa kudu marengan dahar barang lada eta. Teu apaleun yen Rahwana boga kasakit peujit. Teu kaop ngadahar anu lada beuteungna sok langsung ngusial.
Kunaon Rahwana nekad? Bogoh! Modalna mah. Jelema nu katureleng cinta tea, teu ngabibisani.
Keur anteng ngararasakeun kanyeri, geleber aya nu hiber ka jero kamarna. Rupana hideung lestreng. Puguh be Rahwana reuwas lain meumeueusan. Awakna ngadegdeg, kesang badag jeung nu lembut ngorolok  sakujur awakna nu cadu mandi. Panon molotot, sungut calawak. Pikawatireun pisan ningali kaayaanna harita teh.
Saenggeus pangacianana ngumpul deui, ras manehna inget kana jampe pamake anu diwariskeun ti akina almarhum baheula.
Gorolang dibaca tarik pisan. Kieu uninghana, “ sima aing sima maung, aing kasima ku maung. Lol belut badag kadieu urang urekan. Golosor…golosor… Leok ka kenca, leok ka katuhu. Ku aing huluna diprek-prek. Ngek…ngek!”
Teuing jampe anu matih, duka eta mahluk karunyaeun ningal Rahwana, geleber kaluar deui bari ngomong “Dikantun, a!” cenah.
Kocap kacarita, isukna rahwana geus saged rek kuliah. Mun teu salah, Psikolog Cinta  nu diajarkeun ku Ki Dosen Arjuna. Manehna sieun kabeurangan deui jiga minggu kamari. Diusir, pedah telat sajam satengah. Teu pira. Dasar dosen killer. Ari rek ngalawan sieun teu lulus deui wae. Arjuna mah kasohor teu bisa diajak kolusi, kajeun dibere duit dua karung recehan, tetep teu narima. Tah lamun ku awewe, tyong boro ditawaran. Sanajan henteu ge sok ngahagalkeun neangan.
Biasana lamun rekl kuliah the, manehna sok nyimpang heula ka Nyai Kris. Tapi harita mah, duka bet kumaha bet kacida horeamna.
Nya langsung wae ka kampus teu kungsi sumpang-simpang.
Datang ka kampus, kasampak mahasiswa babaturanana keur aluprek ngobrol. Ki dosen can kasampak, biasana mah sok tara telat. Puguh be, keur mahasiswa mah kasempetan jang ngarumpi. Kitu deui Rahwana langsung ngagabung jeung  Gedeng Pramoni, Astrajingga, Dewi Ratih katut cep Abi Manyu. Parat nepika beak waktuna Ki Dosen can jol keneh wae. Antukna kabeh  sapuk baralik. Aya nu ka kaler, ka kidul, ka kulon, ka wetan, ka luhur jeung ka handap. Anehna the, sugan aya nu kuciwa, ieu mah kabeh katingalna acuh. Nu penting lulus, kitu pikiranana.
Dina lawang panto kelas, Gedeng Pramoni ngajewang leungeun Rahwana, rek ngajak ka kantin heula cenah, sakalian hayang ngobrol. Dasar jalma kurang modal, atoh wae nu aya, lumayan bisa jajan gratis pokna teh.
“Lain ari didinya teh  geus sabaraha lila hahadean jeung Si Nyai Kris teh?” Gedeng Pramoni  nanya ka sobatna.

Ditanya kitu the Rahwana ngahuleng sajongjonan. Panona neuteup seukeut ka Gedeng bari pok ngomong antare, “Ke lanan, naon maksud you nanya masalah pribadi kuring? Asa rareuwas ieu teh, moal kitu timburu?”
“Kamu mah, dibawa serieus kalah ngajak ngabanyol. Naha can ngadenge isyu nu pangakhirna katarima ku Badan Intelejen Isyu Nasional?” Gedeng Pramoni jadi nyorongot ngomongna.
“Beja naon yeuh?” Rahwana nyerengeh jebleh.
Ieu jelema jiga nu kurang informasi, gerentes hate Gedeng. Rey, aya rasa rujit campur karunya. Bejakeun entong, entong bejakeun, hatena sabil. Lamun dibejakeun tangtu bakal piributeun. Lamun henteu piraku teu solider ka babaturan. Ah, bejakeun weh. Hatena mimiti nekad. Kumaha engke, engke kumaha. Perang nya perang, cicing nya cicing.
“Yeuh Rahwana, maneh ulah bonge teuing ceuli teh. Naha can ngadenge beja yen Si Nyai Kris teh nyeleweng ka Ki Arjuna, Dosen urang tea?”
Lamun aya gelap, jigana moal leuwih tarik tibatan beja eta keur Rahwana. Jajantungna sakedapan eureun, teu lemek teu nyarek, ngan ngudupruk manehna teu inget di bumi alam, katurelengan.
Inget-inget manehna geus aya di rumah sakit, sirahna dicueuhan ku air keras nepika ngebul. Leungeun jeung sukuna ditalian kana ranjang, sabab terus-terusan ngamuk. Teu kaop aya perawat awewe, digeroan, Nyai Kris. Kusabab panyakitna tambah parna, nya dibawa ka kamar mayit, sina tapa.
Dasar dongeng, tina nyeri hate nu kacida parna, nya nimbulkeun hiji kakuatan nu teu aya bandinganana. Manehna jadi buas alah batan sato. Nyeri ku awewe, ubarna kudu ku awewe deui. Rek parawan, rek randa, atawa geus klaki rabi. Disikat kabeh. Loba kasusna. Nu panganyarna, kabejakeun cenah rahwana nyulik pamajikan Prabu Rama Wijaya, Dewi Shinta.  Teu bisa disalahkeun kitu wae, bongan baheula manehna dinyenyeri batur. Tungtungna manehna boga tekad hayang nganyenyeri sing saha wae jelema nu boga awewe. Nu kudu disalahkeun mah jigana Arjuna, coba lamun Nyai Kris, enya kabogoh Rahwana baheula henteu direbut Arjjuna. Meureun moal aya beja Rahwana jahat ka awewe.
Malah mah, Ujang Hermansyah pribadi, popotongan Nyai Kris tea, sarua nyalahkeun Arjuna. Para tokoh dunya sapuk rek ngayakeun balitungan jeung nagara Madukara.
Ceurik Rahwana  sarua jeung ceyurik rakyat Madukara, Rahwana kaleuleungitan awewe, rahayat Madukara leungiteun dahareun jeung sagala rupa kabutuhan hirup.
Duh awewe…!!
Ki Dalang beakeun carita, tutup lawang sigotaka.
Eng…ing…eng!!
***
newer post

Hikayat Si Uyut

0 komentar

oleh Mang Isur 

 

Oleh GODI SUWARNA
SEBUAH kentongan kahot tersandar begitu santai di depan tabel alias pos ronda kampung kami. Si Uyut, begitulah kami menyebut kentongan itu. Olot Onah, orang tertua di kampung kami, tidak bisa mengatakan dengan pasti tahun berapa si Uyut dilahirkan ke dunia. Si Uyut ini berukuran sangat besar, kira-kira tiga deupa, dengan lingkar tengahnya sepelukan orang dewasa, terbuat dari galeuh nangka yang sangat kuat dan tahan rayap. Semakin tahun, Beliau semakin serupa dengan raja manten yang telah kehilangan dangiang-nya, tampak selalu lesu meskipun tubuhnya tetap mengkilap.
Pada masa-masa jayanya, si Uyut adalah kentongan kebanggaan kami. Suaranya yang sangat keras dan agem tidak tertandingi oleh kentongan manapun juga di desa kami. Tidak sembarang orang boleh nabeuh si Uyut. Hanya lurah, aparat desa, dan para peronda sajalah yang diperkenankan. Dengan beragam cara menabuhnya, yang masing-masing memiliki maksudnya sendiri-sendiri, si Uyut adalah satu-satunya penyebar berita penting untuk segenap warga kampung, bahkan kaemper-emper juga jauh ke kampung-kampung patarenggang di desa kami yang terpencil.
Di masa lalunya itu, entah sudah berapa kematian, kebakaran, longsor, banjir, gangguan keamanan, dan lain-lainnya lagi, yang telah diberitakan si Uyut. Belum lagi tugas rutinnya sebagai penanda waktu di senyap malam, berhubung tidak semua warga kampung memiliki jam tangan, weker, apalagi jam dinding. Juga kabar bencana bagi peronda, bila si Uyut dikurilingkeun. Artinya, aparat desa memanggil peronda yang belum hadir di tabel. Dampratan, lari keliling kampung, atau direndam di kolam adalah hukuman bagi peronda ynag mangkir dari tugasnya.
Konon, menurut kisah orang tua kami, si Uyut ini pernah berpindah tempat pada zaman revolusi, digotong beramai-ramai ke puncak bukit di ujung kampong, para pejuang biasa mempergunakan si Uyut untuk kepentingan mereka, menerima dan menyampaikan lagi berita berangkai. Hanya satu dua jenis pukulan saja yang dipahami oleh warga kampung, diantaranya adalah uaran bagi penduduk agar segera mengumpulkan nasi dan lauk-pauknya untuk para pejuang empat-lima itu yang konon selalu teramat gembul.
Bila si Uyut dititirkeun, itulah pertanda gawat darurat, bahwa pasukan Walanda sedang melongok-longok di sekitar desa kami. Lantas, segenap warga kampung pun terpontang-panting, terkadang bersama para pejuang bersembunyi di hutan hulucai yang angker.
Dengan dikawal oleh orang bersenjata, niscaya tentramlah batin penduduk di tempat persembunyiannya itu. Dan, apabila si Uyut telah mengumandangkan pertanda aman, warga kampung beserta para pejuang berbondong-bondong keluar dari tempat persembunyiannya, serupa sepasukan balatentara yang telah memenangkan sebuah peperangan besar.

PADA zaman gerombolan, banyak nian jasa si Uyut yang dirasakan oleh warga kampung kami. Hingga pada suatu malam, ketika si Uyut mengumandangkan pertanda aman, berduyun-duyunlah warga kampung keluar dari persembunyiannya dengan gembolan barang-barang berharganya. Sial dangkal, ternyata malam itu si Uyut dipukul oleh gerombolan yang teramat paham bahasa kentongan. Apa boleh buat, seluruh warga kampung serupa ikan masuk bubu, terpaksa menyerahkan barang-barang bawaannya. Maka, sejak saat itu, panakol si Uyut selalu dipusti-pusti serupa benda keramat, dan tabuhan pertanda aman selalu diganti-ganti sesuai kesepakatan.
Tatkala sepeker akhirnya masuk kampung juga, seiring baranang listrik di seantero pelosok desa. Maka, sedikit demi sedikit si Uyut pun kehilangan dangiang-nya. Sepeker yang semula dimaksudkan untuk memperkeras suara azan di masjid, akhirnya dimanfaatkan pula untuk menyampaikan segala macam berita. Berita-berita penting untuk keperluan umum atau kabar pribadi sejenis “Mang Udin diantos ku Bi Ijah di Warung Jambu” disebarkan oleh sepeker dengan lebih jelas dan keras.
Meskipun pada akhirnya Pak Kyai membatasi penggunaan sepeker dengan seketat-ketatnya, namun sebagian besar wibawa si Uyut telah terrenggut dan beralih pada benda canggih itu. Suara si Uyut yang dititirkeun hanya menjadi latar suasana ketir saja ketika sepeker mengabarkan berita kematian atau bencana. Berakhirlah tugas rutin si Uyut sebagai penanda waktu, lantaran inipun diambil alih oleh sepeker. Juga jam tangan, weker, malah jam dinding bukan lagi barang langka.
Dina hiji mangsa, anak-anak muda di kampung kami menemukan keasyikan tersendiri dengan sejenis barang baru yang disebut interkom. Inilah alat penerima atau penyebar berita yang lebih canggih ketimbang sepeker, apalagi si Uyut yang semakin terpuruk lesu. Pada zaman interkom inilah kampung kami berhiaskan rentangan kabel telanjang, menghubungkan rumah demi rumah, kampung demi kampung, bahkan merentang jauh ke desa-desa tetengga.
Siang-malam, anak-anak muda bergunjing tiada henti lewat benda yang kabelnya pakuranteng itu. Mungkin karena terlalu sering kasetrum, muda-mudi menjadi aneh tingkahnya. Kadang-kadang mereka lama menghilang. Kampung menjadi sepi. Lalu, tiba-tiba bergerombol di depan tabel, bertengkar habis-habisan karena berebut jalur atau apa, tak jarang diakhiri dengan pergulatan seru. Si Uyut pun pasti terkaget-kaget dibuatnya. Apalagi, konon, banyak perceraian dan kawin gurudug gara-gara barang yang mungkin saja bertegangan tinggi itu.


TAHUN berganti, zaman interkom lewatlah sudah. Lantas, si Uyut pun menjadi saksi nan bisu manakala anak-anak muda entragan baru yang sering nangkring serta bergunjing di tabel mulai asik dengan sejenis mainan baru, HP!
Pasti si Uyut bertanya-tanya, apa yang terjadi dengan anak-anak muda itu. Lantaran tabel yang semula riuh rendah oleh perbincangan tentang keajaiban cocooan baru itu bisa tiba-tiba menjadi sepi bak ditengah astana geledegan ketika mereka asyik sendiri-sendiri, melakukan kegiatan senam jempol, mengirim SMS entah kepada siapa, dan entah untuk urusan apa. Dan, bila pulsa licin tandas, banyak juga yang lantas murang-maring di rumahnya masing-masing, lebih garang daripada bagong yang paling garong.
Perkara HP ini sempat juga membuat kami ngembang kadu ketika menonton pergelaran wayang golek di halaman baledesa. Saat Ki Dalang sedang sibuk-sibuknya ngocoblak, ternyata tiga orang Nyai Sinden malah asyik bersenam jempol, memijit-mijit HP-nya masing-masing ber-SMS ria.
Akhirnya, pada suatu hari yang tak terlupakan, terjadilah keributan luar biasa di kampong kami. Si Uyut raib tak tentu rimba! Semula, kami tidak begitu sadar akan kehilangan ini, karena nyaris tiada lagi orang yang memperhatikan Beliau. Setelah Olot Onah, orang tertua di kampung kami, walahwah-weuleuhweuh bagai orang kesurupan, barulah kami sejadi-jadinya ribut. Kapan, kenapa, dan kemana si Uyut pergi, itulah yang membuat kami bingung bukan kepalang.
Berbagai komentar segera saling bersilang. Ada yang berpendapat bahwa si Uyut dicuri oleh supir truk, kenek, dan beberapa orang kawannya, yang mobilnya mogok di depan tabel tiga malam yang lalu. Ada juga yang teramat yakin bahwa Beliau ngahiang, karena malam sebelumnya terlihat seberkas sinar benderang yang melesat dari bubungan tabel. Sedangkan bisik-bisik menyatakan, si Uyut telah dijual oleh anak-anak muda yang paling badeur di kampung kami, hasilnya dipergunakan untuk membeli pulsa. Tak pernah jelas.
Sejak kejadian itu, beberapa orang tua di kampung kami selalu tampak murung, linglung, dan bingung!***
TAMAT

Diambil dari  HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT, 24 OKTOBER 2004.

 

newer post

Selasa, 13 Maret 2012

WAKTU

0 komentar


oleh Mang Isur

24 jam dina sapoe sapeuting Allah swt. maparin waktu ka makhluka-Na.
Dina pada detik, menit, jamna akur Allah maparinkeunana teu aya nu dikurangan teu aya nu nu dileuwihan saeutik2 acan.
Tapi naha rarajeunan sok aya keneh nu nyarita, “24 jam urang dibere waktu ku Pangeran tapi rarasaan mah teu cukup, ti beurang urang usaha manehna milu usaha, tapi naha ningan nempo manehna mah kahirupana leuwih gampang, usahana leuwih lancar, rizkina leuwih babari tibatan urang padahal usahana mah akur jiga  urang, lamun dagang akur nu dijualna, lamun tani akur nu dipelakna, lamun buburuh akur nu dipigawena”.
Aya deui conto ti barudak santri , “Cicing di pasantren teu beda jauh waktuna, umurna teu anggang dina bilangana, katut dinu didaharna akur dinu dihuapkeunana. Dina pada sarua ngadahar liwetna, oseng gedang reujeungna, sambel goang katut pucuk daun nangka nu dipake pelengkapna, diamparkeun dina eblek wadahna, nu ceuk barudak santri tea mah opat sehat lima kamerekaan. Tapi kunaon geuning si eta mah kaciri leuwih ngarti, katenjo leuwih nyaho, karasa leuwih bisa tibatan urang. Naon atuh naon pangna bisa aya nu beda dina masalah ilmiyahna?” Ceuk si ujang santri bari ngagaroan budug dina pengpelanganana. Diantara salahsahiji sababna nyaeta “cara ngamanfaatkeun waktu di masing2 pribadina”.


Time is money, waktu adalah uang kitu ceuk urang inggrisna mah.
Hukama nyanggemkeun:
Alwaktu kassaiif in lam taqtha’hu qattha’aka, ari waktu lir ibarat pedang, umpama anjeun teu bisa motongkeunana mangka anjeun nu binasa ku lantarana.
Dua ungkapan diluhur ngisyaratkeun supaya urang ulah cicing, nangkeup harigu. Tapi urang kudu ngayakeun tindakan; gawe, usaha jeung berkarya.
Angot baranggawe dina Islam mangrupakeun ibadah, sakumaha diungkapkeun ku Abu A’la al-Maududi dina bukuna Towords Understanding Islam: pagawean kumaha wae upama sajalan jeung aturan Allah mangrupakeun ibadah.
Masih dina masalah waktu Allah swt. dina al-Quran suroh al-Ashr ayat 1-3 ngadawuhkeun: Demi waktu, saestuna manusa aya dina karugian, anging jalma2 nu airman jeung migawe amal kahadean, saling mere nasehat supaya turut kana kabeneran jeung saling mere nasehat supaya ngamalkeun kahadean.
Dawuhan Allah swt. diluhur ngisyaratkeun pentingna ngamanfaatkeun waktu pikeun ngalakukeun aktivitas.
Kecap ashr numutkeun Ibnu Katsir nyaeta: azzaman alladzi yaqo’u fiihi harokaat bani aadama min khoirin wa syarrin, waktu nu tumiba dinapadana aktivitas anak Adam nu mangrupa kahadean jeung kagorengan.
Sedengkeun numutkeun Quraish Shihab dina Wawasan al-Quran kecap ashr nyaeta rangkaian waktu ayeuna jeung nu bakal datang. Tina kumargi kitu, bisa kapaham yen Allah sumpah ku kalimah “demi waktu” salianti pikeun narik perhatian manusa tina naon nudisumpahkeunana, oge ngamotivasi pikeun urang supaya merhatikeun, ngatur jeung make waktu sahade2na.
Sabab, urang sarerea robah sesuai jeung perjalanan waktu. Pantes Ibnu ‘Umar mere wasiat: idza amsaita falaa tantadhirisshobaaha wa idza ashbahta falaa tantadhiril masaa,a; pagawean pasosore ulah didagokeun pikeun isuk2, jeung pagawean isuk2 ulah didagokeun pikeun pasosore.
Kunaon?
Jawabna: innal insaana lafi khusr, saestuna manusa aya dina karugian.
Lamun urang nyalse, leha2 dina waktu pasti urang bakal ngalaman karugian jeung kahancuran. Timbul pertanyaan, kumaha sangkan teu rugi? Ayat salajengna ngajawab: illa ladzina aamanuu wa ‘amilusshoolihaati, anging jalma2 nu airman jeung migawe amal kahadean.
Dr. Muhammad Sulaiman al-Asqari dina Jubdat at-Tafsir Min Fath al-Qad ngajelaskeun: aiy jama’uu bainal iimaani billahi wal’amalisshalihi fainnahum fii rub’in laa fii khusrin, saumpama iman ka Gusti Allah maka urang asup kana golongan jalma2 anu beruntung, lain jalma2 anu rarugi.
Konsep iman jeung amal soleh ieu ibarat dua sisi keping mata uang nu moal bisa dipisahkeun. Manifestasi insan nu beriman maka bakal kaciri dina kualitas pagawean anu hade termasuk dina cara ngamanfaatkeun waktuna. Sakumaha dina suroh at-Taubah ayat 105 Allah swt. ngadawuhkeun: Jeung bejakeun ku anjeun (Muhammad), baranggawe aranjeun kabeh! Mangka Allah bakal nempo kana pagaweran aranjeun kabeh, nya kitu deui Rosul-Na jeung jalma2 nu ariman. Anjeun bakal dipulangkeun ka Gusti Allah anu apal kanu ghoib jeung nu nyata. Salajengna Allah bakal ngabejakeun ka aranjeun kana naon bae nu ku aranjeun dipigawe.

Wallohu a’lam…

newer post

Kamis, 01 Maret 2012

Nothing Else Matters

0 komentar

oleh Mang Isur


So close no matter how far
couldn't be much more from the heart
forever trusting who we are
and nothing else matters

Never opened myself this way
life is ours, we live it our way
all these words I don't just say
and nothing else matters
...

Jika ditafsirkan makna singkat dari empat baris kalimat paling atas kedalam selevel bahasa Indonesia adalah, "jauh di mata dekat di hati".
Hati bagi orang barat sana (atau mungkin di belahan bumi manapun) adalah tempat bersemayamnya orang2 yg kita kasihi dan sayangi. Jadi tidak ada penggambaran yg lebih dekat dan indah lagi untuk mewakili makna betapa seseorang itu begitu kita sayangi daripada posisinya yg ada di hati.
Hati itu selalu jujur yg selalu bisa kita percayai siapapun adanya kita, dan yg lain jadi tak begitu berarti lagi bila hati telah bicara.
Coba simak dan resapi pula baris kata "never opened myself this way" di atas. Opened di sana bisa bermakna terbuka dan membiarkan seseorang mengetahui banyak tentang diri kita dan menjadi bagian dari kehidupan kita.
Di sini ada faktor "percaya" yg mendalam pada ungkapan baris tersebut. Frase tersebut begitu dalam maknanya, "never opened myself this way". Hal yg seumur2 belum pernah dilakukannya, membuka diri bagi orang lain. Mungkin ibarat gunung es, ini saatnya ia luluh. Dan hanyalah sang kekasih hati yg mampu melakukannya.
Alhasil, ternyata anak2 Metallica pun luluh hatinya tatkala berurusan dengan yg namanya cinta.
Berbahagialah untuk kalian jika masih memiliki cinta.


Isur Almujtahidy
newer post
newer post older post Home